Skip to content
October 25, 2011 / ksari

Ayam Saus Asam Manis

Seperti yang gue bilang di posting sebelumnya soal buku Indonesian-Chinese Cooking yang baru gue beli, gue nyobain resep Ayam Saus Asam Manisnya, atau koloke. Sebenernya bagi banyak orang, resep ini pasti gampang banget deh.. Tapi gue sendiri ga pernah berani nyobain, soalnya takut salah rasa sama sausnya. Akhirnya gue memberanikan diri setelah baca buku resep ini. Jadinya gini:

20111025-102659.jpg

Resep aslinya.
Bahan:
300 gr daging ayam dipotong tipis
1 bh wortel, dipotong serong tipis
2 bh ketimun, belah dua, buang biji, potong serong
1 bh bawang bombay, belah 6-8
1 bh cabe merah, dipotong serong
3 siung bawang putih dimemarkan
1/2 sdt merica bubuk
5 sdm saus tomat
Garam, gula, cuka secukupnya

Cara membuat:
1. Campur daging ayam dengan 1 bawang putih yang dihaluskan dengan 1 sdm kecap asin. Taburi 2-3 sdm maizena, aduk dengan jari dan sumpit sambil panaskan 5 sdm minyak. Masukkan daging ayam, aduk cepat sambil diuraikan. Angkat setelah matang kecokkatan.

2. Saring dan panaskan 3 sdm sisa minyak. Tumis bawang bombay sampai layu, angkat sisihkan. Tumis bawang putih sampai kuning,masukkan wortel dan 200 ml air/kaldu ayam. Setelah mendidih masukkan saus tomat, garam, gula, dan cuka sesuai selera, termasuk ayam dan timun, angkat setelah mengental. Sajikan.

Dan spt biasa, gue kalo masak ga pernah plek sesuai resep, pake feeling aja. Note dr gue:
1) kemarin gue pake ayam 270 gr, perlu maizena 2 sdm plus sagu 3 sdm buat dapetin ayam yg terbalur rata dengan tepung. Pake sagu soalnya kehabisan maizena-.-”
2) gue ga pake air kaldu. Jadinya pake air ditambah setengah kaldu ayam blok, dan gue tambahin 1 sdt saos tiram.
3) urutan gue masak: tumis bawang bombay, angkat. Trus bawang putih, wortel, saus tomat dan saus tiram. Setelah wangi baru tambahin air, kaldu blok, gulam garam dan cuka. Terakhir baru tanbahin ayam dan mentimun, plus larutan air sagu kalau kurang kental.
4) timunnya gue aduk dgn garam bbrp menit, dan dibilas sebelum dimasak. Gunanya dikasih garam, supaya crunchy. Btwm timun 1 dan wortel separoh itu udah banyak bgt loh. Dikasih potongan nanas sedikit jg lebih enak🙂

Leave a Reply

