Skip to content
March 25, 2007 / ksari

Kering Tempe

Begini deh nasib jd anak perantauan.. mau makan tempe aja mesti bikin sendiri dulu tempenya.. kalo hamil, anaknya udah keburu ileran kali. hahaha. tp yg jelas, stlh tempenya jadi.. it’s all worth it kok. dan lgsg deh dibikin kering tempe. salah satu makanan kesukaan gue, enak banget dicemilin gitu aja.. manis, pedes gitu deh. resepnya didapet dr Seri Usaha Boga NASI RAMES KOMPLET SELERA NUSANTARA by Sufi S.Y. hasil hunting pas mudik taon lalu. Bagus deh bukunya.. direcommend jg buat dibeli buat yg suka macem² nasi bungkus. tp tetep aja nasi padang udah paling enak gak ada yg bisa nandingin. hehehe.

kering tempe

Bahan:
2 potong (600 gr) tempe
100 gr teri jengki (kemaren gue skip sih)
1 ruas ibu jari lengkuas, iris tipis (kemaren cuma pake 2 keping yg kering, gak diiris lg)
4 buah cabe merah, iris tipis serong, tumis hingga layu (kalo gak nemu, pake yg kering jg boleh)
3 lbr daun jeruk (gue skip)
2 sdm gula jawa merah, sisir halus
1 sdm air asam jawa
garam secukupnya
minyak secukupnya, buat menggoreng & menumis

Haluskan:
6 bawang merah (kemaren gue kasih 8 )
4 siung bawang putih (gue rajang tipis aja biar lbh enak)
5 cabai rawit merah (bole diganti sambal oelek)

Cara Membuat:

1. iris tempe menyerupai batang korek api, jemur ato angin2kan sebentar. Kemudian goreng hingga kering, angkat, tiriskan.
2. goreng teri hingga matang, angkat, tiriskan.
3. panaskan 4 sdm minyak sisa menggoreng, tumis bumbu halus bersama lengkuas dan daun jeruk hingga harum. (at this point, kemaren gue tumis bawang merah halus, sampe stengah matang baru masukin bawang putih iris). Masukan gula merah, air asam dan garam, aduk.
4. Setelah bumbu matang, masukkan tempe, cabai merah tumis dan teri. Aduk hingga tercampur rata. Angkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: