Skip to content
March 24, 2007 / ksari

Nasi Siram

Hmm..gak tau ini makanan dr mana yah? kalo kata ce Sherly sih dr Singapore? kalo ke food court bisa nemu makanan ini? Hmm..gak tau juga. selama ini kalo ke Singapore pasti nyarinya makanan laen sih😀 . Tau masakan ini dr mama, soalnya babe doyan banget, jadi mama sering masak ini buat breakfastnya babe kalo dia lagi di Palembang. Gak pernah ditakar kalo masak, jd kira² sendiri aja yah… yg pasti sih enak.. one complete meal lah.. udah ada nasi, sayur dan daging. Tinggal makan buah after meal, dan minum susu sblm tidur. hahaha.

Ci Chiu Fan

Bahan Nasi:
nasi dingin
telor
minyak, sedikit

Cara Bikin: panaskan minyak, masukkan telor, orak arik sampe stengah matang. Masukkan nasi. Aduk sampe rata. Angkat, sisihkan.

Bahan Daging:

pork loin, boneless, potong tipis2 (bole diganti ayam)
kecap asin
kecap manis
kecap ikan, optional
merica
sagu

Cara Membuat:
1. Setelah daging dipotong, beri kecap2an, dan merica. Terakhir tambahkan sagu. Aduk rata.
2. Panaskan minyak, masukkan potongan daging yg udah dibumbuin, tutup sebentar. Trus aduk2, angkat. Sisihkan.

Bahan Saus:

bawang putih, geprek/cincang halus
kembang kol, potong sesuai selera
jamur, kalengan/segar, potong sesuai selera.
saus tiram
kecap asin
arak masak
gula, garam, merica
air
sagu, larutkan dgn sedikit air

Cara Membuat Saus:

1. tumis bawang putih sampe harum. Masukkan jamur, aduk rata.
2. Tambahkan air, beri kecap, saus tiram, arak masak, gula, garam. Cicip, paskan rasa.
3. Setelah rasanya pas, boleh masukkan daging & kembang kol.
4. Terakhir, stlh kembang kol empuk, masukkan larutan sagu. keep stirring when adding the tapioca starch.
5. Aduk sampe mendidih lagi. Matikan.

Cara Penyajian:

Taro nasi di piring… trus disiram saosnya deh. Enak kalo dimakan pake potongan cabe rawit yg dikasih kecap asin. Yum yum..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: